Pages

Friday, September 14, 2018

Bos 88Spares: Robot Itu Mempermudah, Bukan Mengganti Peran Manusia

Liputan6.com, Kerawang - Industri 4.0 menjadi hal yang penting bagi industri tekstil dan produk tekstil (TPT), karena pemanfaatan teknologi dalam industri generasi keempat dapat mempermudah pekerjaan, bukan menggantikan fungsi pekerja manusia dengan robot.

Hal tersebut diungkapkan oleh Co-Founder dan CMO 88Spares.com, Rosari Soendjoto dalam seminar nasional tekstil 'Strategi Transformasi Industri TPT Menuju Industri 4.0' di Karawang, Jawa Barat, baru-baru ini.

"Jangan pernah takut teknologi bisa menggantikan manusia, karena manusia yang menciptakan teknologi. Jadi biarkan teknologi yang membantu kita mengambil keputusan berdasarkan data dan fakta sehingga bisa lebih produktif," katanya. 

Marketplace 88Spares sendiri menawarkan kemudahan bagi para pelaku usaha TPT melakukan transformasi digital melalui teknologi untuk memasuki era Industri 4.0.

Dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/9/2018), Rosari menuturkan dengan menjadi marketplace yang mempertemukan pembeli dan penjual mesin, bahan baku, dan produk akhir tekstil, perusahaannya bisa membantu pelaku industri familiar dengan konsep kemudahan berbisnis dalam Industri 4.0.

"Selama hampir satu tahun beroperasi, kami sudah bekerjasama dengan 100 merek OEM dan aftermarket mesin dan bahan baku tekstil yang menjual lebih dari 6.000 item di 88Spares. Saat ini kami sedang dalam proses digitizing lebih banyak lagi produk, sehingga sampai akhir Q2 2019, jumlah item yang kami tawarkan mencapai 252.000," katanya menjelaskan.

Menurutnya, dengan membeli suku cadang mesin dan bahan baku tekstil dari 88Spares, proses pembelian barang bisa dilakukan dengan cepat dan hemat. Ia menyebut biasanya untuk mencari suku cadang mesin tekstil butuh dua minggu dengan cara yang konvensional.

"Pelaku usaha juga bisa mengetahui siapa penjual langsung item yang dicari, melakukan pemesanan, serta pembayaran dengan harga yang jujur dan transparan. Bagian purchasing perusahaan TPT pun dimudahkan karena lebih cepat dan bisa hemat biaya hingga 20 persen dibanding membeli secara konvensional," katanya.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2CXVRJD

No comments:

Post a Comment