Pages

Friday, September 14, 2018

Ini yang Bakal Terjadi Jika Bumi Memiliki Massa Dua Kali Lebih Besar

Seorang dokter dan mantan astronot NASA, Jay Buckey, meneliti tentang hal yang terjadi pada tubuh manusia jika gravitasi menghilang. Penjelasan tersebut ia berikan dalam kuliah singkat di Ted-ed.

Buckey mengatakan bahwa tubuh kita didesain agar sesuai dengan lingkungan yang memiliki gravitasi seperti Bumi.

Jika kita menghabiskan waktu di tempat dengan kekuatan gravitasi yang berbeda, misalnya di stasiun ruang angkasa, maka tubuh kita akan berubah.

Fakta saat ini menunjukkan bahwa para astronot kehilangan bobot tulang, kekuatan otot, dan berubahnya sistem keseimbangan tubuh selama mereka bertugas di luar angkasa.

Selain hal tersebut, tidak adanya gravitasi dapat menimbulkan masalah lain. Seperti yang dijelaskan Kevin Fong untuk Wired, tanpa alasan yang jelas jumlah sel darah merah akan berkurang.

Dengan tidak adanya gravitasi, penyembuhan luka juga membutuhkan waktu yang lebih lama, sistem kekebalan tubuh akan kehilangan kekuatan, bahkan tidur juga akan terganggu.

Hal-hal tersebut telah dibuktikan para astronot setelah kunjungan singkat mereka ke angkasa luar.

Buckey juga mengeluarkan beberapa pertanyaan, "Bagaimana jika Anda tumbuh tanpa gravitasi? Bagaimana dengan sistem yang bergantung pada gravitasi seperti otot, sistem keseimbangan, atau jantung dan pembuluh darah Anda?"

Ada alasan terpercaya yang menjelaskan bahwa tubuh manusia akan berkembang dengan cara yang berbeda apabila gravitasi tiba-tiba menghilang.

Buckey menunjuk ke sebuah percobaan di mana kucing salah satu matanya ditutup secara permanen. Seiring dengan berjalannya waktu, kucing tersebut menjadi buta.

Hal itu disebabkan sirkuit yang terhubung ke daerah pengolahan penglihatan di otak gagal untuk berkembang, karena mata tidak dapat memproses informasi visual apapun.

Mungkin bagian lain dari tubuh kita akan merespon dengan cara tersebut. Jika gravitasi tidak terdapat di sekitar jantung, otot, dan tulang, organ tubuh kita kemungkinan besar berkembang dengan cara yang berbeda.

Jika gravitasi menghilang, tentu kita menghadapi efek jangka panjang dari perkembangan manusia yang mengkhawatirkan.

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Happy Salma Mengungkapkan Bentuk-Bentuk Sastra yang membuat dirinya Jatuh Cinta

Let's block ads! (Why?)

from Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2NIlAtD

No comments:

Post a Comment