Pages

Sunday, September 30, 2018

Waduh, Fitur Screen Time di iOS 12 Bisa Dicurangi Bocah

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan dirilisnya iOS 12, Apple turut memperkenalkan fitur bernama Screen Time.

Lewat fitur ini, pengguna dapat membatasi penggunaan untuk satu aplikasi tertentu atau seluruh perangkat.

Dengan fitur tersebut juga, Apple ingin mengurangi ketergantungan sekaligus memberi kontrol pemakaian kepada pengguna terhadap perangkatnya.

Fitur ini lantas dijadikan cara orangtua untuk membatasi penggunaan aplikasi atau iPhone oleh anak-anaknya.

Namun dikutip dari The Next Web, Senin (1/10/2018), ternyata ada sejumlah pengguna anak-anak yang dapat mengakali fitur ini. Informasi ini diketahui dari unggahan di Reddit beberapa waktu lalu.

Salah satu unggahan menyebut, cara yang kerap dilakukan anak-anak saat ada pembatasan waktu untuk bermain gim adalah menghapus lalu memasangnya kembali.

Cara ini dilakukan agar gim tersebut dapat dimainkan kembali meski durasi memainkannya sudah mencapai batas.

Apple sendiri tidak tinggal diam dengan cara curang ini. Karenanya, begitu aplikasi atau gim yang sudah terpasang kembali akan dihitung waktu penggunaannya dalam satu hari. Akan tetapi, orangtua harus mengaktifkannya lewat menu pengaturan.

Cara lain yang juga dilakukan anak-anak saat ingin menonton video di YouTube adalah mengirimkan tautannya ke iMessage di perangkatnya.

Jadi, meski aplikasi YouTube diblokir, dia masih dapat memutar video tersebut melalui aplikasi pesan milik Apple .

Untuk informasi, fitur bernama Screen Time itu mampu menunjukkan kepada pengguna, seberapa lama mereka menggunakan perangkat dalam sehari atau seminggu.

Screen Time juga bisa membaca kebiasaan pengguna saat memakai tiap aplikasi, Dengan begitu, pengguna bisa tahu aplikasi mana yang paling bikin ketagihan serta memberikan batasan waktu penggunaan.

Pengguna juga bisa mengetahui seberapa banyak notifikasi yang didapatkan setiap aplikasi dalam iPhone.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Ng3w5U

No comments:

Post a Comment