Pages

Friday, October 19, 2018

10 Wisata Religi Jawa Timur, Spot Liburan yang Wajib Dikunjungi

9. Masjid Tiban Pintu Seribu di Malang 

Sama seperti Lawang Sewu di Semarang, masjid ini memiliki banyak sekali pintu hingga dinamai Pintu Seribu. Lokasinya berada di Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Masjid megah ini adalah komplek pondok pesantren dengan bangunan bertingkat 10.

Masjid Tiban mulai dibangun tahun 1991. Menariknya proses pembangunannya dilakukan bertahap sedikit demi sedikit. Hasilnya, masjid ini punya 10 lantai lengkap dengan toko suvenir, toko makanan ringan, dan area satwa. Wisatawan bisa menjelajah masjid yang berdiri di lahan seluas 6,5 hektare itu menggunakan lift maupun tangga. Wisatawan juga bisa melihat aneka satwa seperti kera, burung cendrawasih, kakatua, rusa, dan satwa lain di area khusus. Tapi yang paling menarik perhatian dan menjadi tujuan utama wisatawan datang ke masjid ini adalah untuk menikmati arsitektur dan ornamen bangunannya yang nyentrik. Arsitekturnya apik, ada relief-relief unik yang terpahat di pilar dan dinding. Bahkan di lantai 8,9, dan 10 wisatawan bisa menikmati taman gantung yang nggak kalah indah.

10. Masjid Cheng Ho Surabaya

Terletak di jantung Kota Surabaya, Masjid Muhammad Cheng Ho atau yang lebih dikenal dengan Masjid Cheng Ho Surabaya adalah masjid pertama di Indonesia yang gaya arsitekturnya mengadopsi bentuk bangunan klenteng atau rumah peribadatan bagi kaum Tri Dharma. Masjid yang kental akan ornamen khas negeri Tirai Bambu ini dibangun sebagai bentuk penghormatan pada Laksamana Cheng Ho, seorang bahariawan muslim Tionghoa yang turut menyebarkan ajaran islam melalui jalur perdagangan di bumi Nusantara.

Dominasi warna merah dengan kombinasi warna hijau dan kuning keemasan memperkuat kesan bangunan masjid ini layaknya sebuah vihara atau klenteng. Bentuk kubah atau atap masjid yang memiliki ornamen tiga tingkat mirip seperti sebuah pagoda seolah juga mempertegas kesan unsur budaya Tiongkok dalam arsitektur Masjid Cheng Ho ini.

Let's block ads! (Why?)



from Berita Gaya Hidup Terkini - Tren Fashion, Info Shopping, Menu Kuliner kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2P936TY

No comments:

Post a Comment