Pages

Monday, December 10, 2018

5G Belum Merata, Mungkinkah Kecanggihan Snapdragon 855 Berkurang?

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm mengumumkan chipset perdananya yang mendukung jaringan 5G. Chipset bernama Snapdragon 855 tersebut diperkenalkan pada ajang Snapdragon Tech Summit 2018 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat.

Lantas sebenarnya seperti apa koneksi 5G di Snapdragon 885? Berdasarkan penjelasan dari SVP & GM 4G/5G Qualcomm Technologies, Durga Malladi, Snapdragon 885 sebenarnya memiliki modem 5G terpisah yang mendukung mmWave dan sub-6.

"Chipset Snapdragon 885 didukung dengan konektivitas 4G multi-gigabit melalui modem LTE Snapdragon X24," tutur Malladi menjelaskan.

Sementara untuk mendukung 5G, ditambahkan pula modem 5G X50 yang terpisah. Maksudnya, Snapdragon 855 sendiri sebenarnya tidak serta merta mendukung 5G, melainkan perlu ditambahkan modem X50.

Dengan kondisi tersebut, tentu muncul pertanyaan apakah kehebatan Snapdragon 855 tanpa 5G akan berkurang?

Alasannya, seperti diketahui 5G saat ini belum dikembangkan di seluruh wilayah dan baru beberapa negara saja yang siap. Padahal, besar kemungkinan chipset ini akan menjadi pilihan utama smartphone premium yang akan rilis pada 2019.

Menjawab pertanyaan tersebut, Senior Director Product Marketing Qualcomm Technologies Mike Roberts, memastikan tidak ada perbedaan kemampuan antara Snapdragon 855 yang dibekali dengan modem 5G X50 atau tidak.

"Saya memastikan tidak ada fitur yang ditanggalkan, tapi dengan modem 5G jelas ada kemampuan yang ditingkatkan karena bandwith dan low latency yang dimilikinya," ujarnya saat berbicara pada awak media di ajang Snapdragon Tech Summit di Hawaii, Amerika Serikat, yang dihadiri pula oleh Tekno Liputan6.com.

Senada dengan Roberts, VP Product Management Qualcomm Technologies Kedar Kondap menyebut Qualcomm memang menyadari bahwa ada sejumlah wilayah menggunakan 4G sebagai jaringan utama. Karenanya, saat ini Snapdragon 855 didesain sebagai 5G-ready, sehingga ada opsi untuk tidak menggunakannya. 

"Kami menyadari bahwa masih ada wilayah yang menjadikan 4G sebagai jaringan utama. Namun, pada dasarnya Snapdragon 855 sudah terintegrasi modem 4G X24 yang sangat bertenaga karena mendukung gigabit-LTE," tuturnya.

Kondap juga memastikan kemampuan pemrosesan termasuk fitur bawaan yang dimiliki Snapdragon 855 masih tetap dirasakan, tidak tergantung keberadaan modem X50 5G atau tidak. 

"Terlepas dari jaringan 4G atau 5G yang ada, OEM dan pengguna sebenarnya masih dapat mendapatkan beragam fitur dan kemampuan Snapdragon 855, termasuk kemampuan kamera, Snapdragon Elite gaming, hingga pemindaian sidik jari berbasis 3D sonic," tuturnya mengakhiri pembicaraan. 

Let's block ads! (Why?)

from Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2rsOAJg

No comments:

Post a Comment