Pages

Monday, December 17, 2018

Menkominfo Bakal Pilih Anggota BRTI dari Salah Satu Operator?

Liputan6.com, Jakarta - Calon anggota Komite Regulasi Telekomunikasi Badan Regulasi Telekomunikasi (KRT-BRTI) menjalani seleksi yaitu wawancara dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) pada pekan lalu.

Nanti, Menkominfo akan memilih 6 dari 10 calon KRT BRTI dari unsur masyarakat tersebut. Mereka akan menduduki jabatan sebagai 'wasit' di sektor telekomunikasi.

Namun, tak sedikit pihak menyayangkan dari 10 calon KRT BRTI tersebut. Pasalnya, tiga orang terafiliasi dengan salah satu operator telekomunikasi tertentu.

Banyaknya calon KRT BRTI yang terafiliasi dengan salah satu operator tersebut juga disoroti oleh Ahmad Alamsyah Saragih, Komisioner Ombudsman Republik Indonesia.

Menurutnya, adanya calon KRT yang terafiliasi dengan operator dan bahkan ada yang masih menjadi karyawan aktif pada operator tersebut, akan membuat potensi benturan kepentingan antara regulator dan operator tertentu.

Ia mengakui, memang aturan secara formal yang mengatur mengenai KRT BRTI dari operator belum ada. Akan tetapi, dari prinsip governance value atau tata kelola pemerintahan yang baik khususnya di regulator yang harus inparsial, sudah seharusnya pansel dan Menkominfo dapat mempertimbangkan asal muasal dan kedekatan calon KRT BRTI dari unsur operator telekomunikasi tersebut.

Menurut komisioner Ombudsman ini, seharusnya sebelum calon KRT BRTI bergabung menjadi KRT BRTI, harus ada masa jeda beberapa tahun terlebih dahulu. Ini disebabkan tugas vital dari BRTI sebagai regulator yang harus independen dan bisa menjaga kerahasiaan perusahaan telekomunikasi yang diawasinya.

“Menurut saya tugas BRTI sangat vital yaitu menyangkut kerahasiaan perusahaan telekomunikasi tempat mereka bekerja dahulu, kerahasiaan perusahaan telekomunikasi yang akan diawasi oleh BRTI, kerahasiaan badan regulasi tersebut, relasi-relasi mereka saat ini dan kewajiban jangka pendek mereka saat ini," kata Alamsyah di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Let's block ads! (Why?)

from Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Bt0fwt

No comments:

Post a Comment