Pages

Sunday, April 28, 2019

5 Perempuan Indonesia yang Inspiratif, Berani Bermimpi dan Bertindak

Soraya Cassandra ingin membuat bisnis yang berdampak positif bagi sosial dan lingkungan, karena mendapati kotanya semakin tidak ramah lingkungan,

Ia mendirikan Kebun Kumara di kawasan Ciputat dan memulai gerakan 'urban farming' untuk memerangi polusi dan memberi dampak positif pada kehidupan sosial serta lingkungan sekitarnya. Dalam menjalani profesinya itu, ia merasa heran dengan komentar orang-orang yang selalu menyindir soal gendernya sebagai perempuan.

"Kalau kita nyangkul, dikomentarin: ‘Ngapain sih? Kasih aja ke cowoknya!’ Padahal, memangnya perempuan enggak bisa nyangkul? Masih banyak anggapan orang terhadap peran perempuan dan mengenai apa yang pantas perempuan lakukan," tuturnya.

Perempuan yang akrab disapa Sandra ini berharap, melalui usahanya membangun Kebun Kumara ini, hal-hal abstrak tentang mencintai alam itu bisa dibuat nyata.

Kartika Jahja (Musisi dan Aktivis Kesetaraan Gender)

Kartika Jahja punya banyak hal untuk dikatakan tentang kekerasan seksual dan kepositifan tubuh. Bermusik adalah format pilihannya.Dari musik, perempuan yang biasa disapa Tika ini belajar untuk jadi kritis dan lebih berani.

Awalnya, orang mengenalnya sebagai musisi, tapi belakangan ini ia juga dikenal sebagai aktivis di bidang perempuan. "Aku sendiri adalah seorang survivor atau penyintas kekerasan seksual, dan aku merasa bahwa masyarakat haruslah dididik untuk merangkul dan berhenti menyalahkan korban," ucapnya.

Pada 2016, lagu Tubuhku Otoritasku video klipnya diliput media di dalam dan luar negeri.Ia pun pernah diundang untuk berbicara di berbagai acara di luar negeri seperti New York dan Berlin. “Dari situ aku belajar, ternyata pengalaman perempuan di berbagai belahan dunia itu hampir sama," tuturnya.

Let's block ads! (Why?)



from Berita Gaya Hidup Terkini - Tren Fashion, Info Shopping, Menu Kuliner kalo berita kurang lengkap buka link disamping http://bit.ly/2PBkgHu

No comments:

Post a Comment