Pages

Sunday, September 16, 2018

Duh, Ada Celah Keamanan yang Bikin iPhone Mendadak Crash dan Restart Sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti keamanan, Sabri Haddouche, menemukan kerentanan yang bisa menjadi cara baru untuk membuat iPhone mengalami crash dan restart mendadak. Ia mengumumkan temuannya itu di Twitter.

Dlansir Tech Crunch, Minggu (16/9/2018), Haddouche mengunggah twit bukti berupa konsep halaman web dengan hanya berisi 15 baris kode.

Jika halaman web itu dikunjungi, maka iPhone atau iPad akan mengalami crash dan restart.

Selain itu, Safari pada macOS juga disebut mengalami freeze (membeku atau hang) ketika membuka tautan web tersebut.

Kode ini mengeksploitasi kelemahan WebKit, yang wajib digunakan semua aplikasi dan browser untuk iOS.

Karenanya, Haddouche memperingatkan pengguna jika mendapat kiriman tautan ini di Facebook, Twitter atau mengunjungi halaman web berisi kode tersebut.

Tech Crunch mengaku menguji kode pada perangkat berbasis iOS 11.4.1 dan mengkonfirmasi bahwa iPhone yang diuji, langsung mengalami crash dan restart.

Direktur Mac & Mobile perusahaan keamanan Malwarebytes, Thomas Reed, juga memberikan konfirmasi bahwa iOS 12 beta juga 'membeku' ketika tautan berisi kode tersebut diklik.

Bagi pengguna iOS yang beruntung, mungkin perangkat mereka hanya mengalami restart tanpa crash.

Lebih lanjut, Haddouche mengatakan bahwa halaman web tersebut tidak bisa digunakan untuk menjalankan kode berbahaya. Itu artinya, malware tidak bisa berfungsi dan data tidak akan dicuri jika pengguna mengalami serangan ini.

Namun, jika kamu mengklik tautan jebakan itu sekali saja, maka perangkat bisa crash.

Haddouche telah menghubungi Apple pada Jumat (14/9/2018) terkait kerentanan ini. Pihak Apple disebut sedang menyelidiki masalah lebih lanjut.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Os7wBY

No comments:

Post a Comment