Pages

Tuesday, October 2, 2018

Asteroid Tengkorak Bakal Kembali Hantui Bumi Bulan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Asteroid tengkorak bakal kembali menghantui Bumi pada bulan ini. Ini merupakan kali kedua asteroid tersebut melintasi Bumi setelah pada Oktober 2015 lalu.

Seperti dilansir Phys pada Selasa (2/10/2018), asteroid yang menyandang nama TB145 ini, akan datang dari jarak 300 ribu mil dari Bumi pada 31 Oktober 2018, tepat pada hari Halloween.

Tak pelak, asteroid kerap disebut dengan julukan asteroid Halloween dengan bentuk mirip tengkorak kepala manusia.

Menurut penerawangan astronom, meski akan melintasi Bumi, bukan berarti manusia bisa melihatnya dengan mata telanjang. Pasalnya, diameter asteroid ini hanya berukuran 2.000 kaki atau setara dengan 600 meter.

Para astronom berpendapat, asteroid yang melewati setiap 3 tahun sekali tersebut bisa jadi merupakan komet mati. Sebab, volatil (unsur kimia) pada asteroid ini luntur akibat terkena panas dari matahari.

Astronom sayangnya tidak bisa mencari tahu penyebab mengapa asteroid tersebut akan kembali ke orbit Bumi.

Untuk saat ini, mereka tengah mencari asal usul dan trayek perjalanan asteroid untuk bisa mencegahnya lebih dekat ke Bumi.

"Meski kami tidak bisa mendeteksi kedatangannya, kami setidaknya mampu mengumpulkan data baru yang bisa membantu kami untuk mempelajari ukuran massa dari asteroid tersebut," ujar astronom Pablo Santos-Sanz dari Institute of Astrophysics of Andalusia.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2DROx2M

No comments:

Post a Comment