Pages

Thursday, November 1, 2018

Grab Siapkan Roadmap Khusus untuk Jamin Keamanan Platform

Liputan6.com, Jakarta - Keamanan, baik mitra pengemudi dan penumpang, merupakan hal penting dalam platform Grab. Oleh sebab itu, perusahaan yang berbasis di Singapura itu terus berupaya untuk meningkatkan fitur keamanan di platform-nya.

"Keamanan dalam platform merupakan prioritas kami sejak awal. Ini merupakan nilai inti yang diusung Anthony (Tan-CEO Grab) saat memulai perusahaan," tutur Chief Technology Officer (CTO) Grab Theo Vassilakis saat bertemu di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Untuk menunjukkan keseriusan tersebut, Theo menuturkan Grab sudah memiliki peta jalan (roadmap) fitur keamanan yang siap dikembangkan. Nantinya, fitur tersebut akan diadaptasi tergantung situasi di masing-masing wilayah.

"Adaptasi di tiap-tiap negara akan tergantung dengan pihak yang bertanggung jawab di tiap negara ketika ada kejadian darurat dari penumpang. Termasuk, pemanfaatan kontak darurat, apakah bisa memasukkan kontak teman dekat atau kerabat," tuturnya menjelaskan.

Sementara dari sisi mitra pengemudi, Grab juga melakukan pelatihan, pengecekan riwayat hidup, termasuk validasi informasi. Theo juga tidak memungkiri pihaknya belajar dari pengalaman dan peristiwa yang sudah terjadi agar tidak terulang.

"Begitu sebuah peristiwa darurat terjadi, kami akan mempelajarinya dan menerapkannya untuk mencegahnya terulang. Sebab, prioritas kami adalah pencegahan," ujar pria asal Yunani tersebut.

Tidak hanya itu, hal lain yang juga penting adalah mengintegrasikan tim teknologi dan tim operasional di lapangan. Menurut Theo, selain dukungan teknologi, keberadaan tim operasional juga penting untuk menghubungkan dengan otoritas setempat begitu ada kejadian darurat.

Sekadar informasi, Grab juga sedang menguji coba sejumlah fitur baru, salah satunya adalah kamera keamanan di dalam mobil mitra GrabCar. Fitur ini sedang diuji coba di beberapa kota besar Indonesia.

Rencananya, fitur keamanan ini akan tersedia untuk mitra pengemudi pada Januari 2019. Namun, pada November 2018, Grab juga akan memperkenalkan sistem keamanan baru ke publik.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2P3T4V4

No comments:

Post a Comment