Pages

Sunday, December 16, 2018

5 Serangan Siber Paling Merusak di Dunia

5. Mirai

Keberadaan botnet telah terpantau sejak lama, namun perkembangan Internet of Things memberikan kehidupan baru bagi botnet.

Perangkat yang sebelumnya tak pernah diperhatikan keamananannya dan belum terpasang antivirus pun bisa terinfeksi dalam skala besar.

Perangkat ini juga melacak perangkat lainnya dari jenis yang sama, kemudian menyebarkan penularan.

Botnet ini dibangun di atas sebuah malware bernama Mirai yang terus tumbuh penyebarannya.

Kemudian, pada 21 Oktober 2016, pemilik botnet raksasa menguji kemampuan Mirai dengan memerintahkan jutaan perekam video digital dan router, kamera IP, dan peralatan lainnya membanjiri penyedia layanan DNS Dyn.

Dyn pun tak bisa menahan serangan DDoS yang begitu besar, sehingga layanannya tak bisa berjalan. Akibatnya layanan seperti PayPal, Twitter, Netflix, Spotify, dan layanan online PlayStation terkena dampaknya.

Dyn akhirnya bisa pulih, namun serangan Mirai yang besar sangat masif dampaknya. Serangan Mirai dimulai dengan serangan pada jutaan perangkat pintar kecil seperti web cam hingga mesin cuci dan akhirnya merambah jadi the fall of the internet.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Dengan Galaxy Note 9, Samsung menjanjikan pengalaman penggunaan yang mulus hingga kemampuan mengunduh yang lebih cepat.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2CgHsWQ

No comments:

Post a Comment