Pages

Saturday, April 27, 2019

Kenapa Hari Minggu Jadi Tanggal Merah dan Hari Libur?

Liputan6.com, Jakarta - Hari Minggu selalu berwarna merah di kalender. Tentu banyak yang menantikan hari yang satu ini, termasuk Anda tentunya. Meski begitu, banyak juga yang libur di hari Sabtu.

Tiap negara memang punya hari libur sendiri, tapi Minggu jadi yang paling umum. Di balik penentuan hari libur tersebut ternyata ada sejarah yang menarik untuk diketahui.

Misalnya di negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, hari Jumat dipilih sebagai hari libur. Dilansir dari dream.co.id, 27 April 2019, itu karrena hari Jumat dianggap sebagai hari baik bagi umat muslim untuk beribadah.

Dengan liburnya aktivitas di hari Jumat, masyarakat Arab Saudi yang mayoritas muslim jadi punya banyak waktu untuk melakukan salat Jumat dan ibadah lainnya secara total. 

Berbeda lagi dengan bangsa Yahudi di Israel. Mereka menetapkan hari Sabtu sebagai hari libur karena Sabtu merupakan hari ibadah bagi mereka. Lalu, mengapa di Indonesia hari Minggu yang dijadikan hari libur? Hari Minggu sebagai hari libur sebenarnya tak hanya berlaku di Indonesia, tapi juga mayoritas negara di dunia.

Semua itu berawal pada masa kekaisaran Romawi. Bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara di Eropa. Wilayah kekuasaan mereka sampai ke Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan lainnya.

Let's block ads! (Why?)



from Berita Gaya Hidup Terkini - Tren Fashion, Info Shopping, Menu Kuliner kalo berita kurang lengkap buka link disamping http://bit.ly/2Pxejvn

No comments:

Post a Comment