Pages

Wednesday, October 31, 2018

Cara Membuat Onion Ring Crispy, Mudah dan Bikin Nagih dalam Satu Gigitan

Liputan6.com, Jakarta Bawang bombay atau bawang bombai (Latin : Anilium Cepa Linnaeus) adalah jenis bawang yang paling banyak dibudidayakan dan seringkali dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan yang memiliki bentuk bulat besar dan berdaging tebal.

Bawang bombai ini biasanya digunakan untuk bumbu masak makanan di Indonesia. Tak hanya itu bawang bombay yang dibawa oleh pedagang yang berasal dari kota Bombai (Mumbai) di India ke Indonesia ini juga sering digunakan sebagai hiasan masakan.

Pada umumnya bawang bombay ini masuk ke dalam masakan tumisan, aneka saus, sup dan gorengan. Misalnya sebagai bumbu untuk membuat saus asam pedas, sup ayam, tumis sayur, sapo tahu atau digoreng dengan tepung berbumbu yang terkenal dengan sebutan onion ring. Bawang bombay goreng atau onion ring ini banyak disajikan di restoran cepat saji seperti KFC dan McD.

Biasanya onion ring crispy ini dihidangkan bersama tempura goreng, ayam goreng tepung atau masakan lainnya. Rasanya yang enak, gurih serta manis dari bawang bombay memang layak untuk difavoritkan. Biasanya menyantap onion ring crispy ini paling pas dengan saus sambal botolan, saus tomat, mayonaise serta sambal pedas sesuai selera.

Selain terkenal di Indonesia, makanan sejenis bawang bombay goreng tepung crispy ini juga populer di luar negeri lho, di sana menyebutnya onion blossom. Hanya bedanya pengolahan onion blossom ini dengan cara memotong-motong kecil bawang bombay perkelopaknya dengan alat khusus sehingga menyerupai bunga yang mekar, kemudian baru dicelup ke adonan basah yang terbuat dari terigu, susu, telur dan bumbu-bumbu lainnya lalu goreng. Onion blossom ini bisa jadi menu pembuka atau camilan ala resto steak dan pasta.

Untuk membuat onion ring crispy, yang dilakukan adalah dengan dipotong-potong melingkar dulu kemudian lepaskan satu persatu sesuai ruasnya sampai berbentuk ring. Setelah itu celupkan ke adonan basah dan kering lalu digoreng sampai matang. Nah sudah semakin penasaran kan?

Berikut cara membuat onion ring crispy yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/11/2018).

Let's block ads! (Why?)



from Berita Gaya Hidup Terkini - Tren Fashion, Info Shopping, Menu Kuliner kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2CSw3NA

No comments:

Post a Comment