Pages

Tuesday, October 2, 2018

Dari Cerutu hingga Sungkeman, Gaya Hidup yang Tak Lepas dari Soeharto

Liputan6.com, Jakarta - Soeharto dikenal sebagai satu-satunya Presiden Republik Indonesia yang memiliki masa jabatan terlama, sekitar 32 tahun. Sepak terjangnya seringkali membuat penasaran, termasuk gaya hidup bapak enam anak tersebut.

Sebagai pria Jawa tulen, ia kerap terlihat menerapkan tradisi Jawa dalam keseharian. Namun, ia juga tak menutup diri dari gaya hidup Barat. Apa saja yang biasa dilakukan Soeharto semasa hidupnya? Berikut enam gaya hidup Soeharto yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Suka isap cerutu

Soeharto biasa mengisap cerutu saat santai, seperti sedang memancing. Kebiasaan itu bahkan sampai diketahui pejabat asing. Dalam buku Off The Record Vol.1 karya Suryadi A.P, Perdana Menteri Italia Giovanni Goria bahkan menghadiahkannya cinderamata tempat cerutu antik kala berkunjung ke Indonesia pada 6-7 Januari 1988.

Setelah Soeharto sakit dan dilarang dokter, kesukaannya pada  cerutu harus ditahan. Ia kemudian beralih dari mengisap menjadi menggigiti cerutu. Bila ia menggigiti cerutu kecil, itu pertanda Soeharto lagi banyak pikiran dan masalah. Sebaliknya, jika ia menggigit-gigit cerutu besar, itu pertanda mood Soeharto sedang baik.

2. Baju safari dan caping petani

Soeharto dikenal dengan kebiasaan mengenakan kemeja safari saat berdinas, termasuk turun ke lapangan. Begitu di sawah, ia menambahkan caping petani di kepalanya.

Ia lalu berdiri di tengah sawah dan memotong padi, lalu mengangkatnya dengan tangan. Pose itu jadi gaya andalan Soeharto bahkan sampai ditiru oleh beberapa Presiden Indonesia berikutnya.

Let's block ads! (Why?)



from Berita Gaya Hidup Terkini - Tren Fashion, Info Shopping, Menu Kuliner kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2zMxOKj

No comments:

Post a Comment