Pages

Thursday, April 25, 2019

Google Cabut Fitur Penghemat Data dari Chrome

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kita hidup di negara-negara di mana internet cepat dan dapat diandalkan untuk menunjang aktivitas.

Internet cepat, artinya situs web harus bekerja dengan optimal, seperti video dapat di-streaming tanpa gangguan, dan file dapat diunduh dengan cepat.

Namun, ternyata ada juga beberapa yang tidak bisa menikmati internet cepat. Ini menandakan kalau pengoptimalan situs web sangatlah penting.

Nah, di sinilah fitur Google Chrome Data Saver atau penghemat data berguna, di mana itu bisa membantu meningkatkan waktu pemuatan halaman.

Dilansir Ubergizmo pada Jumat (26/04/2019), sayangnya Google telah memutuskan untuk mematikan fitur ini.

Google telah mengumumkan bahwa fitur tersebut akan dihentikan dalam waktu dekat. Sebagai gantinya, fitur penghemat data akan diluncurkan kembali di Chrome untuk Android yang sekarang dikenal sebagai mode Lite.

“Mode Lite juga membantu meningkatkan pemuatan halaman. Jika Chrome memperkirakan suatu halaman akan membutuhkan waktu lebih dari 5 detik untuk memuat teks atau gambar pertama ditampilkan di layar, laman Lite justru sangat dioptimalkan untuk memuatnya jauh lebih cepat," terang Google.

Namun, perusahaan asal Negeri Paman Sam ini tidak menyebutkan mengapa mereka mematikan fitur tersebut pada perangkat desktop. Mungkin saja, mereka memilih untuk 'menginvestasikan' fitur ini ke versi mobile.

Kabar ini nyatanya tidak terlalu mengejutkan, mengingat ada beberapa pengembang yang  memilih untuk meluncurkan versi "Lite" dari aplikasinya untuk menaikan minat pasar.

Sekadar informasi, Google adalah satu-satunya yang meluncurkan YouTube Go yang dirancang untuk merangkul pasar kelas bawah.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia kalo berita kurang lengkap buka link disamping http://bit.ly/2LifD75

No comments:

Post a Comment