Pages

Monday, October 1, 2018

Melihat Wajah Kota Palu Sebelum dan Sesudah Gempa dari Luar Angkasa

Liputan6.com, Jakarta - Pasca-gempa Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkap wajah kota Palu dari luar angkasa. 

Dalam keterangan resminya, LAPAN menampilkan visual kota Palu dari data citra satelit resolusi tertinggi.

Disampaikan Kabag Humas LAPAN Jasyanto, data yang dipakai adalah data satelit Pleiades, yakni satelit milik Prancis dengan resolusi spasial 60 cm. 

Data mengambil visual kota Palu sebelum dan sesudah gempa, tepatnya pada 6 Juli 2018 (sebelum gempa) dan 30 September 2018 (setelah gempa). Data tersebut diperoleh International Disaster Charter. 

“Berdasarkan dua data tersebut dapat diidentifikasi beberapa kerusakan akibat gempa terutama di area Balaroa dan Petobo,” ujar Jasyanto kepada Tekno Liputan6.com, Selasa (2/10/2018). 

Jasyanto menambahkan, dua wilayah tersebut juga tampak rumah tak cuma sekadar rusak, tetapi bahkan amblas rata dengan tanah. 

“Diduga karena likuifaksi, namun perlu dikaji lebih lanjut dengan seksama penyebabnya. Bisa dilihat perbandingannya pada gambar di bawah,” terangnya. 

Foto kota Palu yang diambil stasiun bumi LAPAN.

Foto kota Palu yang diambil stasiun bumi LAPAN.

Perbandingan dua citra satelit multi waktu itu juga dapat memperlihatkan bangunan sepanjang pantai Talise sampai Donggala, yang mengalami kerusakan karena diterjang gelombang tsunami. Tsunami juga menyebabkan perubahan garis pantai.

Karenanya, untuk analisa lebih lanjut, LAPAN bakal bekerja bersama dengan BNPB, ITB, dan Asian Institute of Technology (AIT) Thailand dalam analisa kerusakan akibat gempa, berapa jumlah rumah dan bangunan lainnya yang rusak, serta luasan area yang amblas.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Qp2hn0

No comments:

Post a Comment